Sunday, April 5, 2015

SATUAN KARYA PRAMUKA BAHARI (SAKA BAHARI) KWARCAB XI. 26 KABUPATEN PEKALONGAN

Gerakan pramuka merupakan pilar pokok dalam pembinaan karakter anak dan pemuda Indonesia agar menjadi kader yang berjiwa pancasila serta berahlakul karimah. Berlandaskan Undang Undang Dasar 1945 dengan sistem among melakukan pembinaan dengan menjunjung tinggi Tri Satya dan Dasadarma Pramuka sebagai acuan pelaksanaan penaanaman idiologi. Salah satu pembentukan karakter tersebut dengan membekali peserta didik dengan pengetahuan serta ketrampilan. Keterampilan yang di maksud melalui beberapa bagian, di antaranya yaitu keterampilan dibidang kebaharian. Wadah pembinaan tersebut kemudian diberi nama Satuan Karya Pramuka Bahari (SAKA BAHARI).

Satuan Karya Pramuka Bahari (SAKA BAHARI) merupakan sarana guna memupuk, mengembangkan dan membina serta mengarahkan minat dan bakat generasi muda terhadap sektor kemaritiman/ kebaharian. Guna terealisasikannya proses tersebut, maka perlu adanya dukungan dari anggota Pramuka dewasa dan segenap instansi yang bersangkutan, mulai dari tataran Ranting (Kecamatan) hingga Nasional (Pemerintah RI). 

Satuan Karya Pramuka Bahari (SAKA BAHARI) Kwarcab XI. 26 Kabupaten Pekalongan adalah salah satu unit ke Pramukaan yang mempelajari tentang sektor kebaharian. Dibawah naungan TNI AL Wonokerto, Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP), HNSI, Kwarcab XI. 26 Kabupaten Pekalongan dan beberapa sektor instansi terkait berusaha untuk membina generasi muda Pramuka. Mengingat Kabupaten Pekalongan merupakan daerah pesisir pantai yang memiliki beberapa pantai dari Siwalan hingga Tirto, sehingga perlu adanya pengenalan dan pendidikan tentang kemaritiman.

Dengan semboyan “JALESVEVA JAYAMAHE” yang bermakna “Di lautan kita Jaya” menjadikan Saka Bahari Kwarcab XI. 26 Kabupaten Pekalongan berkembang hingga saat ini.

Anggota Baru Saka Bahari Kwarcab XI. 26 Kabupaten Pekalongan
 
 Gotong Royong membuat alat pancing





mendengarkan instruksi

No comments:

Post a Comment

JOGO TONGGO (GOTONG ROYONG SAK LAWASE)

Pada kesempatan kali ini kita akan sedikit membahas program Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah dalam menangani Covid-19, yaitu p...