Friday, June 19, 2015

Soal Ujian Tengah Semester Gasal Untuk SMK Kelas XI



Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas                           : XI TKR 1, 4

1.    Bacalah puisi dibawah ini!
          AKU
Kalau sampai waktuku
‘Ku mau tak seorang kan merayu
Tidak juga kau
Tak perlu sedu sedan itu
Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang
Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang
Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga hilang pedih peri
Dan aku akan lebih tidak perduli
Aku mau hidup seribu tahun lagi
( Khairil Anwar)

Kemukakan isi dari puisi di atas!

2.  Sebutkan fungsi utama surat!
3.  Jelaskan ciri-ciri kalimat perintah!
4.  Buatlah kalimat dengan menggunakan kata-kata dibawah ini, sehingga menunjukkan makna leksikal dan makna gramatikal!
a.       Masak
Leksikal :
Gramatikal :
b.      Baca
Leksikal :
Gramatikal :
5.  Buatlah contoh bagan paradigma sederhana dari kata dibawah ini, sehingga dapat terlihat perbedaan maknanya!
a.       Baca
b.      Lukis

SELAMAT MENGERJAKAN

No comments:

Post a Comment

JOGO TONGGO (GOTONG ROYONG SAK LAWASE)

Pada kesempatan kali ini kita akan sedikit membahas program Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah dalam menangani Covid-19, yaitu p...