Thursday, March 19, 2015

KKN TEMATIK POS DAYA UNIKAL Tahun 2013/2014




BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

Perguruan tinggi merupakan civitas akademika yang mempunyai tanggung jawab secara moral dalam  membantu pelaksanaan pembangunan di masyarakat. Perwujudan tanggung jawab moral dari perguruan tinggi ialah menetapkan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Posdaya sebagai salah satu kegiatan dalam sistem pendidikan tinggi. KKN Posdaya sebagai program nasional di bidang pendidikan memberikan kontribusi dalam membantu proses pembangunan di wilayah pedesaan. Bantuan yang diharapkan berupa solusi terhadap permasalahan yang muncul dalam kehidupan di masyarakat khususnya dalam bidang pemberdayaan keluarga.
Program yang dijalankan mahasiswa merupakan kegiatan yang positif dimana bisa berperan sebagai motivator, dinamisator, dan fasilitator yang efektif. Peran serta mahasiswa KKN Posdaya Universitas Pekalongan direalisasikan dalam bentuk yang relevan dengan permasalahan yang ada di Kelurahan Pabean Kec. Pekalongan Utara Kota Pekalongan. Penyelenggaraan kegiatan optimalisasi sumber daya yang ada dengan melakukan kegiatan dalam bidang pemberdayaan keluarga sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan mahasiswa.
Program POSDAYA adalah suatu program untuk membangun penduduk melalui pemberdayaan keluarga dengan merangsang pembentukan forum silaturahmi dan informasi pada tingkat pedesaan/kelurahan dan pedukuhan. Forum tersebut dinamakan Pos Pemberdayaan Keluarga atau disingkat POSDAYA. Melalui forum ini masyarakat untuk dapat memahami fungsi dan perannya serta bergotong royong mengentaskan kemiskinan dan membangun keluarga sejahtera.


B.  Tujuan KKN Posdaya
Tujuan diselenggarakannya Kuliah Kerja Nyata oleh Universitas Pekalongan adalah sebagai berikut.
1.      Tujuan Umum
a.       Mahasiswa mendapatkan pengalaman berharga melalui keterlibatan dalam masyarakat yang secara langsung menemukan, merumuskan, memecahkan, dan menanggulangi permasalahan pembangunan secara interdisipliner.
b.      Perguruan Tinggi dapat menghasilkan sarjana yang mampu mengelola kehidupan dalam masyarakat yang lebih menghayati kondisi gerak dan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dalam melaksanakan pembangunan.
c.       Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang pengabdian kepada masyarakat. Melalui misi tersebut, segenap civitas akademika  dapat berperan aktif dalam proses dan tuntutan pembangunan serta dinamika masyarakat.
d.      Membentuk sarjana penerus pembangun yang mampu menghayati berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, mampu mengembangkan pemikiran maupun penalaran untuk belajar memecahkan permasalahan yang kompleks secara pragmatis dan interdisipliner, yang pada akhirnya akan terbentuk sarjana yang berilmu, cakap, berbudi pekerti luhur, serta memiliki kesadaran dan tanggung jawab yang tinggi atas kesejahteraan masyarakat, maupun masa depan bangsa dan negara Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
2.      Tujuan Khusus
a.       Menggali serta menumbuhkan potensi swadaya masyarakat sehingga mampu berpartisipasi aktif dalam pembangunan bangsa dan negara.
b.      Sebagai wahana pendewasaan dan pembelajaran bagi mahasiswa dalam berpikir, bersikap, dan berperilaku secara realistis dan akademis yang dilandasi dengan semangat dan komitmen kepada masyarakat.
c.       Ikut berpartisipasi membantu program pemerintah di bidang pembangunan yang berkembang menjadi beberapa pilar diantaranya adalah kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lingkungan, yaitu dalam upaya melaksanakan program pemberdayaan keluarga di kecamatan Bawang Kabupaten Batang.
C.  Manfaat KKN Posdaya
Manfaat yang akan dicapai program Kuliah Kerja Nyata antara lain sebagai berikut.
1.      Bagi Masyarakat
a.       Masyarakat memperoleh bantuan tenaga dan pikiran serta ketrampilan, sehingga dapat menumbuhkan potensi sumber daya dan selanjutnya diharapkan dapat berkembang secara mandiri.
b.      Terbentuknya kemampuan dan partisipasi serta kemandirian dalam masalah pemberdayaan di pedesaan, sehingga upaya meningkatkan desa dapat diwujudkan.
c.       Adanya penguatan Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) di lokasi KKN (Wilayah Kelurahan Pabean Kecamatan Pekalongan Utara) yang sudah dibentuk sebelumnya.
2.      Bagi Pemerintah
a.       Membantu proses pembangunan pemberdayaan yang dilaksanakan oleh pemerintah.
b.      Membuka akses kemitraan dan komunikasi antara perguruan tinggi dengan Pemerintah dalam program pengembangan Posdaya.
3.      Bagi Mahasiswa
a.       Lebih mendewasakan cara berpikir, bersikap, dan bertindak serta meningkatkan daya penalaran mahasiswa dalam melakukan pengkajian, perumusan, dan pemecahan masalah secara praktis dan terpadu.
b.      Melatih dan membiasakan mahasiswa menghadapi dan menyelesaikan permasalahan melalui kerjasama antar bidang keahlian.
c.       Mendalami penghayatan dan pengetahuan mahasiswa terhadap berbagai masalah dalam masyarakat yang sedang melakukan pembangunan.
4.      Bagi Universitas Pekalongan
a.       Mendapatkan masukan dari masyarakat yang sangat bermanfaat bagi peningkatan, penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan/ pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
b.      Meningkatkan partisipasi dan peranan Universitas Pekalongan dalam melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan, ekonomi, pendidikan, dan lingkungan.
c.       Meningkatkan kerjasama antar Universitas Pekalongan dengan Pemerintah Daerah, perguruan tinggi, dan instansi yang terkait.
D. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Kuliah Kerja Nyata diselenggarakan pada tanggal 15 Januari19 Februari 2014. Lokasipelaksanaan KKN Posdaya yaitu di Kelurahan Pabean. Kec. Pekalongan Utara Kota Pekalongan.




BAB II
GAMBARAN UMUM DESA

A.  Keadaan Geografis
1.      Pendidikan
     Pengembangansumber daya manusia diarahkan peningkatan kualitas pendidikan baik pendidikan umum maupun pendidikan agama. Untuk tingkat pendidikan dasar di Kelurahan Pabean telah menunjukkan kemajuan yang berarti karena telah tersedia fasilitas pendidikan yang memadai. Untuk tingkat sekolah dasar telah dibina sebanyak 1 TK/RA, 2 SD/MI dan 1 Sekolah Paket B dan C. Juga terdapat sarana pendidikan agama yang terdiri dari 1 TPQ (Tempat Pendidikan Al-Qur’an) dan 1 Madrasah.
2.      Mata Pencaharian
     Mata pencaharian pokok, sebagian besar rumah tangga bermata pencaharian sebagai buruh batik, konfeksi, disusul mata pencaharian di sektor Perdagangan dan Buruh Bangunan juga Industri Batik. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa perekonomian di wilayah Kelurahan Pabean sudah lumayan baik. Namun perlu adanya pengoptimalan guna proses pengembangan ekonomi yang lebih baik lagi.
3.      Fasilitas Pelayanan Kesehatan
            Fasilitas pelayanan kesehatan yang terdapat di Kelurahan Pabean berupa Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) disetiap RW dan 1 PUSKESMAS bantu.
4.      Perumahan
     Rumah penduduk sebagian besar adalah permanen. Terdapat 6 RW,24 RT dengan 1.582 rumah.
5.      Sarana Peribadatan
Kelurahan Pabean mempunyai  Masjid dan  Surau atau Musholla yang digunakan oleh penduduk beragama Islam dengan berbagai Kelompok Keyakinan.


6.      Sarana Perekonomian
Fasilitas atau sarana perekonomian di Kelurahan Pabean ini banyak pengusaha batik dan produsen trasi dengan didukung dengan akases jalur kekota/ kepasar yang mudah dijangkau serta dilalui.

B.  Kondisi Umum Desa
Berdasarkan registrasi penduduk tahun 2014Kelurahan Pabean Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan mempunyai jumlah penduduk 6.870 jiwa, jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 1.582 KK.Sedangkan data sarana air bersih di Kelurahan Pabean bahwa sebagian besar menggunakan air PAM. Karena air diwilayah Kelurahan Pabean sudah terkontaminasi dengan air laut dan limbah batik.
C. Potensi Sumber Daya
Potensi Kelurahan Pabean memiliki sumber daya yang cukup berpotensi untuk dikembangkan, antara lain sebagai berikut.
1. Sektor pertanian tambak
Pada sektor pertanian tambak, komoditas yang paling berpotensial terdapat lahan tambak yang cukup luas. Dengan luas area sekitar 70 Ha.
2.  Sektor Sumber Daya Manusia (SDM)
Sumber daya manusia belum ditunjang oleh tingkat pendidikan yang cukup baik, dan  banyaknya warga yang tingkat pendidikannya masih rendah sehingga masih harus digali potensi pembangunan dan perubahan untuk membangun paradigma baru masyarakat dan perekonomian rakyat.
3.   Sektor kesehatan
Pada sektor kesehatan di Kelurahan Pabean sudah sangat memperhatikan. Hal ini bisa dilihat dari lingkungan yang sering tergenang air rob dan air hujan, sehingga terkesan kumuh.
    



BAB III
PERMASALAHAN DAN PERUMUSAN MASALAH

A.  Tujuan dan Arah Pembentukan dan Pengembangan Posdaya
Posdaya adalah forum komunikasi, silaturahmi, advokasi, penerangan dan pendidikan, sekaligus wadah kegiatan penguatan fungsi keluarga secara terpadu, bertujuan untuk :
  1. Menggali serta menumbuhkan potensi swadaya masyarakat sehingga mampu berpartisipasi aktif dalam pembangunan bangsa dan negara.
  2. Meningkatkan hubungan antara Perguruan Tinggi dengan Pemerintah Daerah, instansi teknis dan masyarakat sehingga dapat lebih berperan dalam menyelesaikan kegiatan pendidikan serta penelitian dengan tuntutan masyarakat yang sedang membangun.
  3. Membangun gotong-royong, saling peduli memenuhi kebutuhan hidup
  4. Melembagakan keluarga agar terjadi kohesi sosial, kerukunan mencapai sejahtera
  5. Wahana partisipasi sosial yang dapat memberi dan menerima pembaharuan untuk kehidupan keluarga
  6. Terjadi dinamika menuju Millenium Development Goals (MDGs)
B.  Dukungan Masyarakat dan Pemerinta Setempat
Masyarakat di Kelurahan Pabean, khususnya masyarakat RW IV menyambut baik dengan adanya kami tim KKNsertaKelurahan Pabean. Sehingga di harapkan akan memberi dampak positif dalam pembentukan/ pendampingan posdaya kepada masyarakat Kelurahan Pabeandan dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi ataupun lingkungan. Masyarakat Kelurahan Pabean yang sangat antusias, terbuka dan ramah memberi dukungan kepada Tim KKN untuk melakukan kegiatan atau POSDAYA. Mereka juga siap membantu dan memfasilitasi Tim KKN dalam menjalankan kegitan yang telah direncanakan.


C.  Identifikasi Masalah
Berdasarkan Survei atau Observasi yang dilakukan sebelum penerjunan KKN yang dilakukan di RW IV RT I dan II, diperoleh data sebagai berikut :
  1. Penduduk
Jumlah Penduduk Berdasarkan Jenis Kelamin
RW IV
Jumlah Penduduk Kelurahan Pabean RW IV RT I dan RT II Tahun 2014. Berdasarkan Jenis Kelamin
RT
Laki – laki
Perempuan
Jumlah
I
406
390
796
II
178
138
316

  1. Keluarga KKN Posdaya
Masyarakat Kelurahan Pabean sebagian besar berobat ke tenaga kesehatan jika didapati mereka sakit. Ibu – ibu yang mempunyai Balita, sangat antusias ikut Posyandu tiap bulannya guna mendapatkan pelayanan kesehatan bagi anak mereka.Pendidikan PAUD juga menjadi tahap awal dalam pendidikan formal di Kelurahan Pabean.Serta hampir sebagian besar Ibu-ibu mengikuti program KB.
  1. Keluarga Sejahtera I KKN Posdaya
Dari catatan Kelurahan didapati warga RW 04 RT 01 terdapat 95% dari KK yang masuk kedalam keluarga sejahtera I. Sedangkan di RT 02 terdapat 98 % yang masuk dalam keluarga Sejahtra I.Sehingga bisa m,emenuhi kebutuhan tiap harinya.
4.      Keluarga Sejahera II KKN Posdaya
Untuk keluarga sejahtera II ada sebanyak 5% di RT 01 dan 2% di RT 02.Sehingga pemenuhan kebutuhan tiap hari perlu kerja keras dan masih membutuhkan uluran tangan dari pihak terkait.




Masalah yang dapat diidentifikasi dari hasil survei keluarga antara lain :
  1. Sektor ekonomi
Masih banyak kendala baik dibidang permodalan, informasi pasar, kurang minatnya dalam berwira usaha. Sehingga sebagian besar masyarakat menjadi buruh di bidang batik dan konfeksi.
  1. Sektor Pendidikan
Banyaknya masyarakat yang putus sekolah dan kurangnya tentang IPTEK sehingga kurang informasi. Masih rendahnya pengetahuan ibu – ibu dalam memberikan pendidikan anak sejak usia dini.
  1. Sektor Kesehatan dan Lingkungan
Pengetahuan Keluarga tentang Kesehatan masih relatif rendah. Hal itu terlihat dari lingkungan yang terkesan kumuh karena sering terendam air hujan dan air rob (air pasang laut). Serta masihbanyaknya lahan yang belum dimanfaatkankarena tergenang air rob.















BAB IV
PELAKSANAAN PROGRAM KERJA KKN

A.           Pedampingan Posdaya
Empat pilar utama yang di kembangkan dalam ranah kerja Posdaya ini meliputi: 1) Bidang Pendidikan, 2) Bidang Kesehatan, 3) Bidang Ekonomi, 4) Bidang Lingkungan. Kegiatan KKN yang dilakukan Oleh Tim KKN dengan malakukan kegiatan secara bersama-sama dengan Posdaya sesuai dengan program kerja usulan yang disetujui oleh Pengurus Posdaya yang telah terbentuk pada tahun 2012.

1.    Pendampingan Bidang Pendidikan
Bidang Pendidikan dilakukan dengan melakuan kegiatan sesuai dengan program kerja Posdaya sebagai berikut:
a.    Bimbingan Belajar ( Bimbel )
-            Pendahuluan
Merupakan sarana untuk meningkatkan mutu belajar diluar pendidikan formal.
-            Bentuk Kegiatan
Bimbingan belajar (bimbel) dapat membantu anak-anak yang kesulitan dalam belajar.

-            Tujuan
Mendorong semangat anak-anak agar giat belajar dan meningkatkan pemikiran masyarakat tentang pentingnya pendidikan.
-            Jadwal
a.       Hari      : Rabu s/d Jumat, februari 2014
b.      Tanggal            : 12 s/d 14 Februari 2014
c.       Waktu  :15.30 WIB s/d 17.00 WIB
d.      Lokasi  : Posko KKN

-            Penutup
Demikian kegiatan yang kami laksanakan mudah-mudahan dapat membantu menambah pengetahuan warga khususnya bagi adik-adik usia sekolah untuk lebih giat belajar.

b.      Penyuluhan Budaya Membaca
-    Pendahuluan
Merupakan kegiatan pemberian motivasi agar anak-anak dapat termotivasi guna meningkatkan minat membaca.
-       Bentuk Kegiatan
Pemberian motivasi kepada peserta bimbel agar mereka gemar dan membiasakan membaca.
        
-       Tujuan
Meningkatkan minat baca dan budaya membaca sejak dini.

-       Sasaran
Anak-anak SMP kelas VIII RT 01, RT 02 dan RT 03 RW 04 Kelurahan Pabean.\
-       Jadwal
a.         Hari                  : Kamis
b.         Tanggal            : 13 Februari 2014
c.         Waktu              : 15.00 WIB
d.        Lokasi              : Posko KKN
-       Penutup
Demikian kegiatan yang kami laksanakan mudah-mudahan dapat memotivasi anak-anak agar lebih giat membaca.

2.      Pilar Kesehatan
a.    Penyuluhan PHBS  (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat )
-          Pendahuluan
Perilaku hidup bersih dan sehat adalah perilaku positif untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah terjadinya risiko terjadinya  penyakit, melindungi diri dari penyakit serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan masyarakat. Untuk mewujudkan perilaku sehat tersebut telah dilaksanakan prakrtek PHBS yaitu praktek yang berupaya untuk menerapkan kebiasaan pola hidup sehat dengan menghindari kebiasaan yang dapat mengganggu kesehatan dalam kesehatan sehari-hari.
-          Bentuk Kegiatan
Dengan memberikan penyuluhan kepada masyarakat saekitar yang berisikan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat didalam lingkungan masyarakat dan rumah tangga.
-          Tujuan
Agar masyarakat dapat memperbaiki perilaku kesehatannya dan derajat kesehatannya dapat meningkat.
-          Sasaran
Seluruh warga masyarakat Kelurahan Pabean RW 03 dan RW 04
-          Jadwal
a.       Hari        : Jumat
b.      Tanggal  : 14 Februari 2014
c.       Waktu    : 13.00 WIB s/d selesai
d.      Lokasi    : Kantor Kelurahan Pabean
-       Penutup
Demikian materi yang kami sampaikan mudah-mudahan dapat memberikan wawasan sebagai acuan untuk kegiatan POSDAYA dimana warga bertempat tinggal.
3.      Pilar Ekonomi

a.    Pelatihan pembuatan Nugget Kangkung dan Keripik Kangkung
-          Pendahuluan
Pembuatan nugget dan keripik kangkung  yang kita laksanakan bertujuan untuk menambah daya produksi masyarakat Pabean pada khususnya, agar masyarakat mempunyai tambahan penghasilan dengan memberdayakan ibu-ibu rumah tangga. Maka kami berharap kegiatan tersebut bermanfaat bagi kemajuan kegiatan ekonomi di daerah Pabean.
-          Bentuk Kegiatan
Pemberian pelatihan  pembuatan nugget kangkung dan keripik kangkung kepada ibu-ibu rumah tangga.
-          Tujuan
Membantu menyelesaikan permasalahan ekonomi dengan cara yang sederhana..
-          Sasaran
Ibu-ibu warga RT 02 RW 04 Kelurahan Pabean.
-          Jadwal
a.       Hari                  : Sabtu
b.      Tanggal            : 08 Februari 2014
c.       Waktu              : 13.00 WIB s/d selesai
d.      Lokasi              : Rumah Warga RT 02  RW 04 kelurahan Pabean
-          Penutup
Demikian kegiatan yang kami laksanakan mudah-mudahan dapat memberikan wawasan sebagai acuan untuk kegiatan POSDAYA dimana warga bertempat tinggal.
e.       Pemberian Pemateri tentang Cara Mengemas Produk dan Memasarkan Produk dengan  Baik
-          Pendahuluan
Pemberian materi tentang cara mengemas suatu produk dan memasarkan produk dengan baik yang kita laksanakan bertujuan untuk menambah pengetahuan masyarakat Pabean pada khususnya, agar masyarakat memiliki pengetahuan tentang cara mengemas yang baik dan memasarkan suatu produk. Maka kami berharap kegiatan tersebut bermanfaat bagi kemajuan kegiatan ekonomi di daerah Pabean.
-          Bentuk Kegiatan
Pemberian pelatihan Cara pengemasan dan pemasaran produk kepada ibu-ibu rumah tangga di Kelurahan Pabean.
-          Tujuan
Memberikan wawasan tentang pengemasan dan pemasaran produk dengan baik.
-          Sasaran
Ibu-ibu warga RT 02 RW 04 Kelurahan Pabean
-          Jadwal
a.       Hari             : Jumat
b.      Tanggal       : 14 Februari 2014
c.       Waktu         : 09.00 s/d selesai
b.      Lokasi         : Kantor Kelurahan Pabean
-          Penutup
Demikian kegiatan yang kami laksanakan mudah-mudahan dapat memberikan wawasan sebagai acuan untuk kegiatan POSDAYA dimana warga bertempat tinggal.




4.      Pilar Lingkungan
a.       Kerja Bakti
-          Pendahuluan
Kebersihan merupakan hal yang penting bagi kehidupan manusia. Karena dengan lingkungan yang bersih dapat menciptakan lingkungan yang sehat.  Lingkungan yang bersih akan menghindarkan kita dari berbagai jenis penyakit.
-          Bentuk Kegiatan
Melakukan Kerja Bakti di lingkungan kali Bremi di Kelurahan Pabean
-          Tujuan
                                                            i.        Menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman dan sehat
                                                          ii.        Menjadikan kegiatan rutin
-          Sasaran
Seluruh warga kelurahan Pabean
-          Jadwal
a.       Hari                  : Rabu & Sabtu
b.      Tanggal            : 22Januari 2014 dan 01 Februari 2014
c.       Waktu              : 08.00 WIB s/d selesai
d.      Lokasi              : Kali Bremi Kelurahan Pabean

-          Penutup
Semoga kegiatan yang kami laksanakan dapat bermafaat bagi masyarakat sekitar. Besar harapan kami agar masayarakat lebih bersemangat mengikuti kegiatan kerja bakti yang diadakan secara rutin.





b.      Pemberian Bibit KRPL ( Kawasan Rumah Pangan Lestari )
-          Pendahuluan

Pemberian bibit KRPL yang kita laksanakan bertujuan untuk melestarikan tanaman pangan. Hal ini dimaksudkan agar ketika warga tidak memiliki uang untuk membeli tanaman pangan maka warga dapat mengambil tanaman tersebut di Kawasan Rumah pangan lestari.
-          Bentuk Kegiatan
Pemberian bibit tanaman KRPL kepada warga dan memberikan pengetahuan tentang cara menanam dan merawat tanaman agar tanaman  dapat tumbuh segar dan baik
-          Tujuan
Memberikan sumbangan kepada warga dalam bentuk tanaman untuk kebutuhan pangan yang nantinya kedepannya warga dapat melanjutkan dan memanfaatkan tanaman tersebut agar bisa dikonsumsi sendiri.
-          Sasaran
Seluruh warga Kelurahan Pabean
-          Jadwal
a.       Hari                  : Jumat
b.      Tanggal            : 14 Februari 2014
c.       Waktu              : 09.00 s/d selesai
b.      Lokasi              : Kantor Kelurahan Pabean
-          Penutup
Demikian kegiatan yang kami laksanakan mudah-mudahan dapat membatu warga untuk memiliki tanaman yang dapat dijadikan sumber pangan bagi warga sekitar Kelurahan Pabean.




BAB V
PENUTUP

A.                Faktor Pendorong
1.    Kegiatan KKN ini merupakan tugas wajib dari Universitas untuk melaksanakan misi Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang pengabdian kepada masyarakat.
2.    Partisipasi aktif Kepala Kelurahan dan perangkat keluurahan dalam tiap kegiatan.
3.    Dukungan dari Kader-kader POSDAYA dalam setiap kegiatan yang dilakukan
4.    Dukungan dan kerjasama dari masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan KKN POSDAYA.

B.                 Faktor Penghambat
Kurangnya Sumber Daya manusia yang peduli terhadap sesama menjadi hambatan terbesar dalam setiap kemajuan perkembangan setiap programnya, maka tidak heran jika perkembangan baik pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan  di desa tersebut kurang maju.
C.                Permasalahan yang dialami
a.         Minimnya dana
b.        Kurangnya pemahaman tentang kegiatan KKN tematik POSDAYA yang didasarkan pada kurangnya pembekalan yang dilakukan oleh LPPM.
D.                Rekomendasi
Kegiatan yang sudah berjalan agar dapat dilaksanankan dan ditindaklanjuti secara berkesinambungan oleh masyarakat Kelurahan Pabean Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan dengan didampingi secara intensif oleh LPPM agar pembentukan POSDAYA diwilayah tersebut tidak sia-sia.

No comments:

Post a Comment

JOGO TONGGO (GOTONG ROYONG SAK LAWASE)

Pada kesempatan kali ini kita akan sedikit membahas program Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah dalam menangani Covid-19, yaitu p...